Contoh Makanan Sehat Yang Mengandung Mineral

Contoh Makanan Sehat Yang Mengandung Mineral

Contoh Makanan Sehat Yang Mengandung Mineral

Mineral adalah elemen penting untuk semua sel-sel didalam tubuh manusia, mineral dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan darah dan tulang, menjaga fungsi saraf, dan mendukung sistem endokrin. Untuk itu Makanan Yang Mengandung Mineral sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.


Kekurangan Mineral dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh kita bahkan bisa berakibat fatal untuk pertumbuhan remaja dan anak-anak, Berikut ada;ah Contoh Makanan Yang Mengandung Mineral

Zinc
Zinc dibutukan oleh tubuh untuk mendukung kesehatan sistem kekebalan didalam tubuh, sintesis protein normal, dan kesehatan organ vital (terutama pada laki-laki).

Sumber makanan ini diantaranya : Ragi, kacang-kacangan, biji bijian, biji labu, jamur dan lain-lain.

Telur
Telur merupakan sumber protein dengan kandungan nutrisi lengkap dibandingkan makanan makanan lain. Studi-studi menemukan, orang-orang yang makan telur dan roti panggang untuk sarapan bisa kenyang lebih lama dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari.  

Daging Dada Ayam
Dada ayam merupakan bagian daging yang ideal dan memiliki nilai gizi yang seimbang, dan makanan ini memiliki kandungan kolesterol yang rendah, dan baik untuk kesehatan.

Ikan 
Beberapa jenis ikan, seperti gindara memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Ikan lainnya seperti salmon dan tuna memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, namun jangan kuatir karena lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak baik Omega 3.

Susu Murni
Susu murni adalah sumber protein yang alami dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Walaupun kandungan protein didalam susu murni tidak terlalu banyak namun, protein didalam susu murni memiliki kualitas yang sangat baik karena belum terganggu proses apapun.

Kedelai
Selain kaya protein, kacang kedelai juga rendah lemak dan mengandung phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin. Kandungan ini baik untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung, osteoporosis dan kanker. Kedelai mengandung 29 gram protein per cangkirnya.

Tahu
Tahu yang kaya nutrisi, terutama protein bisa diolah menjadi berbagai kreasi masakan. Bisa dikonsumsi bersama salad, dikukus, digoreng ataupun panggang. Selain bergizi, tahu juga mudah menyatu dengan bumbu dan makanan lain sehingga Anda tidak akan bosan memakannya.

Tempe
Bahan makanan dari fermentasi kedelai ini cukup enak dan lezat. Kaya akan protein nabati, dan bisa diolah menjadi makanan apa saja.

Polong-polongan (Peas)
Peas atau polong-polongan (misalnya seperti kacang polong) bukanlah sayuran yang biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia. Namun, Anda mungkin saja tertarik untuk memvariasikan diet Anda dengan kacang polong setelah mengetahui bahwa kacang polong juga mengandung protein selain serat, vitamin, dan mineral. Lalu pertanyaannya "Mana yang terbaik diantara kedua sumber protein ini?". Jawabannya adalah balance. Harus seimbang antara konsumsi protein hewani dan protein nabati, sumber : kesehatan.gen22.net.

Yoghurt
Yoghurt mengandung kalsium tinggi dan protein. Biasakan untuk mengonsumsi yoghurt setiap hari. Bisa dikonsumsi langsung, dicampur buah, smoothies, atau bisa jadi tambahan untuk sup dan kari.
Kacang Almond
Kacang gurih ini rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan protein. Selain itu, almond juga mengandung serat alami, dapat dikonsumsi mentah atau bahan penambah rasa pada makanan lain.
 

Artikel Kesehatan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger